Jumat, 09 November 2012

Cara Mencegah Leptospirosis

Dalam postingan sebelumnya telah dijelaskan apa itu Leptospirosis. Yup, mungkin untuk sedikit merefresh...leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman leptospira, dan hewan-hewan mamalia (terutama tikus) menjadi reservoirnya. Apabila seseorang telah terinfeksi kuman ini, dalam penegakan diagnosanya pun t'kadang dikaburkan oleh gejala penyakit lain. Seorang dokter mungkin mencurigai Leptospirosis pada seorang yang bergejala, biasanya 1-2 minggu setelah terkena. Peneguhan penyakit ini biasanya dengan contoh darah yang akan menyatakan apakah terinfeksi kuman ini. Apabila sudah terdiagnosapun dalam penyembuhannya penyakit ini tergolong lambat. Bahkan ada kalanya kuman ini bisa terus berada di dalam mata dan menyebabkan bengkak mata menahun.
Kalo uda kena lepto sulit diagnosis, uda kediagnosis pun kadang sulit sembuh, gak kediagnosis bisa parah... So, paling aman ya mencegah biar ga terinfeksi kuman lepto ini. Seperti pepatah "Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan??"

Bagaimana sih cara mencegah penyakit Leptospirosis??
Sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah penyakit ini, yang secara umum dikelompokkan ke 2 bagian (untuk memudahkan saja ya) yaitu untuk yang pekerjaannya menyangkut binatang dan untuk yang pekerjaan lain.
Untuk yang pekerjaannya menyangkut binatang, air dan lumpur (petani, pekebun, peternak, dll)
  • Amati, Obati dan Tutup luka sebelum bekerja
Maksudnya disini adalah sebelum pergi bekerja (kesawah, kebun, sungai, dll) dianjurkan untuk memeriksa/mengamati apakah terdapat luka/lecet pada anggota tubuh, apabila ditemukan luka segera diobati dan dibalut dengan balutan yang kedap air --> hal ini untuk menghindari masuknya kuman Lepto melalui luka pada tubuh.
  • Pakai pelindung
Pelindung yang dimaksud misalnya sarung tangan karet, pelindung mata, jubah kain, sepatu boot bila menangani binatang yang mungkin terkena atau beraktivitas di sawah yang berlumpur yang kemungkinan tercemar air kencing tikus.
  • Bersihkan diri setelah selesai bekerja
Sesudah bekerja segera cuci tangan dan kaki menggunakan air bersih mengalir menggunakan sabun dan segera keringkan. Bila memungkinkan segeralah mandi. Jangan makan atau merokok sambil menangani binatang yang mungkin terkena.

Untuk yang lainnya,
  • Hindari berenang, mencuci ataupun mandi di sungai / menggunakan air yang mungkin telah dicemari air kencing tikus (atau reservoir lainnya)
  • Tutup luka dan lecet dengan balutan kedap air
  • pakai sepatu boot bila keluar terutama jika tanahnya basah atau berlumpur
  • Pakai sarung tangan karet bila berkebun
  • Halau binatang pengerikit dengan cara membersihkan dan menjauhkan sampah dan makanan dari perumahan.
  • Jangan memberi anjing jeroan mentah.
  • Biasakan diri mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas dan sebelum makan, kuman Leptospira cepat mati oleh sabun, pembasmi kuman dan jika tangannya kering.
Untuk mencegah tertularnya berbagai penyakit intinya adalah dengan menerapkan prinsip PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam kehidupan sehari-hari.

1 komentar: